Thursday, January 31, 2013

Kebutuhan Manusia


Kebutuhan Manusia
Kebutuhan Manusia adalah suatu rasa yang timbul secara alamiah dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya.

macam-macam kebutuhan:
·         Kebutuhan primer yaitu  kebutuhan pokok manusia yang mutlak harus dipenuhi. Meliputi makanan, minuman, pakaian, perumahan Apa yang terjadi jika kebutuhan ini tidak terpenuhi?
·         Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan penunjang setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Pemenuhannya dapat ditunda atau dihindari. Jika tidak terpenuhi tidak akan berakibat fatal. Misal : kendaraan, televisi.
·         Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan akan kemewahan. Bukan merupakan kebutuhan pokok, sehingga pemenuhannya dapat dihindari Kebutuhan tersier setiap orang berbeda, karena berkaitan dengan tujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik Misal : mobil jaguar, rumah mewah.
·         Kebutuhan menurut waktunya yaitu kebutuhan Sekarang Kebutuhan yang Akan Datang
·         Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga. Sifatnya segera atau tidak dapat ditunda. Misalnya: jika lapar segera makan, jika sakit segera minum obat. Jika ditunda apa yang akan terjadi?
·         Kebutuhan yang akan dating yaitu kebutuhan yang dapat dipenuhi kapan saja. Sifatnya dapat ditunda pada kesempatan lain dan belum dianggap sebagai kebutuhan mendesak. Misalnya : menabung, membeli jas hujan pada musim panas.
·         Kebutuhan menurut sisatnya yaitu kebutuhan Jasmani Kebutuhan Rohani
·         Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan manusia yang berhubungan dengan fisik atau jasmani Misalnya : kebutuhan makanan yang bergizi, minuman, obat - obatan, vitamin, kosmetik, olahraga, istirahat yang cukup.
·         Kebutuhan Rohani yaitu kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan dan moral. Misal : Kebutuhan pendidikan, rekreasi, kebutuhan membaca buku, majalah, koran, kebutuhan pembinaan mental agama dan budi pekerti, kebutuhan emosi ( ungkapan rasa senang, sedih, kecewa ).
·         Kebutuhan menurut subyeknya yaitu kebutuhan individu / pribadi kebutuhan kolektif / bersama / sosial
·         Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang didasarkan oleh kebutuhan pribadi. Masing-masing individu mempunyai kebutuhan yang berbeda. Misal: guru membutuhkan papan tulis, kapur. Petani membutuhkan cangkul, pupuk.
·         Kebutuhan social kebutuhan yang merupakan kepentingan bersama dan dapat dimanfaatkan bersama. Misalnya: jembatan, jalan, perlengkapan ronda, rumah sakit
·         Kebutuhan menurut wujudnya yaitu kebutuhan material kebutuhan manusia yang berwujud nyata atau dapat dilihat. Misal : roti, pisau, rumah. Kebutuhan manusia yang tidak berwujud atau tidak dapat dilihat. Misal : menonton film, mendengarkan musik, menyanyi.
·         Kebutuhan menurut social budaya yaitu kebutuhan sosial kebutuhan yang muncul karena adanya tuntutan dalam hidup bermasyarakat. Misalnya: menjenguk teman yang sakit, sumbangan. Kebutuhan psikologis kebutuhan yang berhubungan dengan sifat rohani. Misalnya: rasa aman, rasa ingin dihormati. 



1 comment:

  1. yang ke 6 itu, kebutuhan yang akan dating itu apa.. ?
    koq gak jel..
    salah ketik pa.. ?

    ReplyDelete