Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Jika tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali maka dia disebut pengecer atau distributor.Perilaku Konsumen
Jika dilihat dari perilaku konsumen dalam mengonsumsi suatu barang dibedakan menjadi dua macam, yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen irasional.Perilaku Konsumen Rasional
Suatu konsumsi dapat dikatakan rasional jika memerhatikan hal-hal berikut:- barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
- barang tersebut benar-benar diperlukan konsumen
- mutu barang terjamin
- harga sesuai dengan kemampuan konsumen.
Perilaku Konsumen Irasional
Suatu perilaku dalam mengonsumsi dapat dikatakan tidak rasional jika konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegunaannya terlebih dahulu. Contohnya, yaitu:- tertarik dengan promosi atau iklan baik di media cetak maupun elektronik
- memiliki merek yang sudah dikenal banyak konsumen
- ada bursa obral atau bonus-bonus dan banjir diskon
- prestise atau gengsi.
Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen
tidak mudah dinilai oleh produsen atau penyedia jasa, karena sifatnya yang
abstrak dan tidak berwujud. Penyebabnyapun sangat banyak. Jadi…susahlah
memuaskan konsumen. Namun harus tetap ada upaya untuk mewujudkan kata yang mudah
diucapkan namun ‘jungkir balik’ bagi perusahaan untuk menuju “memuaskan” ini.
Untuk mempermudah pemahaman kepuasan
konsumen ini Schnaars mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya sebagai
berikut:
1. Harapan
Harapan terbentuk terlebih dahulu
sebelum melakukan pembelian. Komponen ini merupakan manfaat yang dicari
konsumen tentang produk atau jasa dalam melakukan tugasnya. Konsumen membentuk
harapan ini berdasarkan pengalaman dari penggunaan produk atau jasa tersebut,
komunikasi dari mulut ke mulut, aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan.
2. Hasil yang dicapai produk atau jasa
Hasil yang dicapai produk atau jasa
adalah produk atau jasa dalam menjalankan tugasnya di dalam kenyataan atau
dapat dikatakan merupakan persepsi dari konsumen dalam mengukur hasil
(kenyataan) yang dicapai oleh produk atau jasa.
Kepuasan konsumen tercapai bila produk
sesuai atau melebihi harapan yang diinginkan konsumen, sedangkan ketidakpuasan
tercapai bila produk di bawah harapan yang dinginkan konsumen.
Produk yang melebihi atau kurang dari
harapan konsumen disebut diskonfirmasi positif dan diskonfirmasi negatif.
Diskonfirmasi positif terjadi bila performa produk ternyata melebihi apa yang
diharapkan konsumen sehingga terjadilah diskonfirmasi yang menyenangkan
terhadap pengharapan konsumen sebelumnya. Dan sebaliknya, diskonfirmasi negatif
terjadi bila performa produk kurang dari apa yang diharapkan konsumen
sebelumnya dan terjadi diskonfirmasi yang tidak menyenangkan.
Kepuasan atau ketidakpuasan pembeli
mempengaruhi tingkah laku berikutnya. Konsumen yang tidak puas akan melakukan
tindakan yang berbeda dengan konsumen yang puas. Konsumen yang tidak puas akan
mengurangi ketidakcocokan dengan mengambil beberapa tindakan seperti
menyampaikan protes langsung kepada penjual, menyampaikan keluhan kepada
lembaga pengaduan konsumen, menyebarkan kesan jelek kepada teman-temannya
perihal produk atau perusahaan atau penjualnya sampai pada akhirnya
menghentikan tindakan pembelian produk dari perusahaan atau penjual yang
bersangkutan.
Produsen
Produsen adalah salah satu bagian penting dalam kegiatan ekonomi,karena jika tidak ada produsen maka tidak akan mungkin kegiatan ekonomi dapat berjalan sebagai mana mestinya,berikut penjelsan mengenai produsen dan perilaku-perilaku produsen.
Pengertian Produsen
Produksi adalah segala sesuatu yang secara langsung maupun tidak langsung ditunjukkan untuk menghasilkan barang dan jasa atau mempetinggi faedah barang guna memenuhi kebutuhan manusia. Produksijuga dimaksudkan untuk menghasilkan barang-barang konsumsi, yaitu barang-barang yang segera dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia atau konsumsi. Sedangkan produsen adalah orang ataupihak yang menyediakan dan menghasilkan produk, baik yang berupa barang ataupun jasa.
Guna suatu barang atau jasa yang timbul karena kegiatan produksi dapat dibedakan sbb :
1. guna bentuk (form utility).
2. guna tempat (place utility).
3. guna waktu (time utility).
4. guna kepemilikan (ownership utility).
5. guna pelayanan (service utility).
6. guna dasar (basic utility)
Prinsip ekonomi Produsen
Prinsip ekonomi produsen yaitu dengan modal yang dimiliki berusaha menghasilkan barang yang berkualitas dan mendatangkan keuntungan besar.
Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh produsen dalam prinsip ini adalah :
1. Memilih produk yang sesuai dengan selera konsumen.
2. Menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas.
3. Memilih alat-alat produksi yang baik dengan harga yang relative lebih murah.
4. Menekan biaya produksi sekecil-kecilnya.
FUNGSI PRODUKSI
Fungsi produksi adalah suatu bagian fungsi yang ada pada
perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi
terselenggaranya proses produksi. Dengan mengatur kegiatan itu maka diharapkan
proses produksi akan berjalanlancar dan hasil produksi pun akan bermutu tinggi
sehingga dapat diterima oleh masyarakat pemakainya. Bagian produksi dalam
menjalankan tugasnya tidaklah sendirian akan tetapi bersama-sama dengan
bagian-bagian lain seperti bagian pemasaran, bagian keuangan serta bagian
akuntansi. Oleh karena itu haruslah diadakan koordinasi kerja agar semua bagian
dapat berjalan seiring dan seirama dan dapat dihindarkan benturan – benturan
kepentingan antar bagian dalam perusahaan.
Tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan (Amirullah, 2002).
Tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang yang sesuai dengan selera dan spesifikasi pelanggan (Amirullah, 2002).
Fungsi-fungsi operasi yang akan dibahas di sini meliputi;
1) perencanaan dan desain produk
2) perencanaan kapasitas produk
3) perencanaan layout pabrik
4) Perencanaan Layout Mesin-mesin Pabrik
5) Perencanaan Bahan Baku
Perencanaan dan Desain Produk
Empat faktor utama yang perlu di perhatikan dalam mendesain dan merencanakan produk adalah sebagai berikut:
a. Globalisasi selera konsumen
b. Segmentasi pasar
c. Kondisi lokal
d. Teknologi
Perencanaan Kapasitas Produksi :
a. Kapasitas bahan baku
b. Kapasitas jam kerja mesin
c. Kapasitas jam kerja
d. Modal kerja
e. Jumlah atau kapasitas permintaan
No comments:
Post a Comment